2017-08-04
 bukacode
 PHP
Apa itu domain ?

Pada artikel sebelumnya kita mengenal pengertian webisite, maka pada artikel kali ini membahas apa itu domain?. Jika anda memutuskan untuk menjadi seorang web master atau orang yang mengurus website mulai dari membangun sebuah website, meng-onlinekan hingga memeliharanya maka anda bakal sering menemukan istilah domain.

Domain adalah ama unik yang memberikan untuk mengidentifikasikan server, baik itu web server atau email server di computer. Bahasa gampangnya domain adalah nama website kita.

Untuk alamat website www.google.co.id maka nama domainya adalah google.co.id, untuk website www.mpgr.go.id maka nama domainya adalah mpr.go.id. demikian juga untuk www.bukacode.com maka nama domainya adalah bukacode.com

Nama domain dari website-website diseluruh dunia ini bersifat unik alias berbeda satu dengan yang lainnya, tidak bisa dua website yang berbeda memliki nama domain yang sama. Jadi jika sebuah nama domain sudah digunakan oleh orang lain maka anda tidak bisa menggunakan nama domain tersebut.

Sebaliknya satu buah website bisa memiliki 2 nama domain yang berbeda. Misalnya anda memiliki website dengan nama website keren.com, kemudian anda ingin menambah nama lain untuk website anda misalnya websitecakep.com. kedua alamat websitekeren.com dan websitecakep bias berupa website yang sama, ini bsa anda lakukan dengan membuat redirect atau pengalihan  pada salah satu domain.

Nama domain terdiri dari dua bagian :

  1. Nama domain
  2. Extensi

Kita ambil contoh untuk nama domain google.com maka :

Nama domain : google

Extensi : .com

Penulisan nama domain tidak case sensiftif, artinya huruf besar dan kecil tidak diperhatikan. Anda bias menulisnya dengan Google.com, GOOGLE.COM, Google.CoM maka hasilnya akan sama.


ORDER VIA WHATSAPP